Thursday 23 April 2020

kalam hikmah

Hendaknya bagi masjid yang sementara tidak menyelenggarakan sholat jum'at karena berbenturan dengan himbauan MUI dan Pemerintah setempat, agar tetap mendirikan sholat jum'at namun dengan jumlah jama'ah yang terbatas menurut qoul qodimnya imam syafi'i yang menyatakan bisa mendirikan sholat jum'at dengan jumlah jama'ah 3, 4 atau 12 orang ... 

Dalam sebuah رسالة,
AS SAYYID ABU BAKAR BIN AS SAYYID MUHAMMAD SYATHO mengatakan :

فأقول الحاصل أن للشافعي رحمه الله في العدد الذي تنعقد به الجمعة أربعة أقوال :

" Aku berkata : kesimpulan nya bahwa dalam madzhab imam syafii terkait jumlah jama'ah yang sah untuk mendirikan sholat jum'at terdapat 4 pendapat". 

قول معتمد وهو الجديد، وهو كونه أربعين بالشروط المذكورة. 

Yang pertama adalah qoul mu'tamad yaitu qoul jadidnya imam syafii, yang menyatakan jumlah jamaah yang sah mendirikan sholat jum'at adalah 40 orang dengan syarat² yang telah disebutkan diantaranya merdeka, muqim, mustauthin, bisa membaca surat al fatihah. 

وثلاثة أقوال في المذهب القديم ضعيفة. 

3 pendapat lagi terkait jumlah jama'ah yang sah mendirikan sholat jum'at dalam madzhab qodim imam syafii adalah do'if.

أحدها أربعة، أحدهم الإمام. 

Pendapat Pertama menyatakan, sah mendirikan sholat jum'at dengan jumlah jamaah 4 orang, yang 1 menjadi imam, yang 3 menjadi makmum. 

 والثاني ثلاثة، أحدهم الإمام 

Pendapat kedua menyatakan, sah mendirikan sholat jum'at dengan jumlah jama'ah 3 orang, yang 1 menjadi imam, yang 2 menjadi makmum. 

والثالث إثنا عشر، أحدهم الإمام. 

Pendapat ketiga menyatakan, sah mendirikan sholat jum'at dengan jumlah jama'ah 12 orang, yang 1 menjadi imam, sisanya menjadi makmum.

وعلى كل الأقوال تشترط فيهم الشروط المذكورة في الأربعين. 

Ketika mengikuti salah satu qoul qodimnya imam syafi'i, maka diberlakukan juga syarat, sebagaimana syarat yang diberlakukan kepada 40 orang jama'ah, yakni harus merdeka, muqim, mustauthin, dan bisa membaca surat al fatihah. 

إذا علم ذلك، فعلى العاقل الطالب عند الله تعالى أن لا يترك الجمعة ما تأتى فعلها على واحد من هذه الأقوال، 

Jika sudah mengetahu terkait qoul qodim dan qoul jadid imam syafii dalam masalah jumlah jama'ah yang sah untuk mendirikan sholat jum'at, maka seyogyanya bagi orang yang cerdas yang mengharap keridho'an dari allah, jangan sampai meninggalkan sholat jum'at selama masih bisa mengikuti salah satu dari qoul qodim nya imam syafii, dengan 3, 4 atau 12 orang. 

ولكن إذا لم تعلم الجمعة أنها متوفرة فيها الشروط على القول الأول وهو القول الجديد، فيسن له إعادة الظهر بعدها إحتياطا. 
ولا يتركها فيصلى الظهر لأنه يفوت عليه خير كثير. 

Namun, apabila tahu bahwa sholat jum'at nya tidak memenuhi persyaratan qoul yang pertama yaitu qoul jadidnya imam syafi'i yang harus 40 orang, maka disunahkan setelah sholat jumat, melaksanakan dzuhur sebagai bentuk ihtiyat atau kehati²an. 
Jangan sampai meninggalkan shalat jum'at, memilih sholat dzuhur karena dapat menghilangkan banyak kebaikan. 

رسالة تتعلق بجواز العمل بالقول القديم للإمام الشافعي رضي الله عنه في صحة الجمعة بأربعة الخ تأليف شيخنا السيد أبي بكر بن السيد محمد شطا متعنا الله بحياته آمين. ص ٨

والله أعلم

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : kalam hikmah

0 komentar:

Post a Comment